Buatlah Catatan Tradingmu Karna Itu Hal Penting

Pada Postingan saya kali ini saya akan mencoba untuk share bagaimana pentingnya sebuah catatan trading yang mungkin tidak semua orang memperdulikannya tapi menurut saya ini sangat penting dilakukan dikarnakan dengan adanya catatan kita dapat mengingat-ingat atau mungkin dapat mengembangkan sebuah teknik trading yang sedang kita tekuni.

Tujuan utama dari trading adalah profit/untung secara konsisten setiap bulan dan saya merasakan itu sangat sulit sekali jika kita tidak disiplin. Ketika anda membaca buku-buku mengenai forex, biasanya para penulis yang sudah berpengalaman menganjurkan agar kita mencatat semua alasan trading kita dan mencatat hasil dari trading kita apakah itu menang atau kalah yang biasanya disebut dengan Papertrade.

Setelah 6 bulan trading di tahun 2010, saya terlalu bandel untuk mendengar nasehat itu tapi karena tidak ingin kalah terus dalam forex akhirnya saya mencatat juga semua trading yang sedang dilakukan dan baru merasakan manfaat dari catatan tersebut bahwa ternyata saya kalah karena melakukan kesalahan yang sama secara berulang ulang dan tidak pernah mau belajar dari kesalahan tersebut, dan melalui catatan trading tersebut saya mulai menyadari kelemahan-kelemahan saya terutama dalam hal disiplin dan terlalu emosi sehingga saya mempunyai kesempatan untuk memperbaiki semua kesalahan tersebut ditrading selanjutnya.

Ini penting: Sebelum mencatat trading, anda harus sudah mempunyai strategy dulu dan harus secara disiplin menerapkannya setiap membuka posisi trading.

Ada 2 alat utama yang wajib digunakan untuk mencatat catatan trading kita seperti:

  1. Google Docs / Documents yang bisa didapatkan secara gratis. Fungsinya sama seperti MS Excel yang biasa kita pakai agar kita dapat mengisi semua catatan kita dalam bentuk tabel
  2. Mengambil gambar trading kita untuk memeriksa apakah strategi kita sudah benar/belum. Saya mengambil gambar dari komputer saya yang langsung diupload ke internet dengan software gratis yang bernama 'Jing'
Untuk mencatat semua catatan tradingnya, saya menggunakan fasilitas dokumen online dari GoogleDocs . Kenapa saya membuat catatan tersebut secara online ? tujuannya adalah agar saya bisa mengaksesnya darimana saja dan dengan memakai dokumen online anda bisa memperbolehkan teman anda yang lain untuk melihat dokumen tersebut secara langsung/realtime. Anda bisa langsung membuat dokumen Spreadsheet tersebut jika anda sudah mempunyai account google/gmail.

Perlu diingat pula bahwa anda BOLEH memakai strategi forex APAPUN, saya tidak mengharuskan anda harus memakai strategi ini atau itu karena setiap individu mempunyai cara pandang yang berbeda mengenai suatu strategi dan jam/waktu yang nyaman untuk trading.

Kolom-kolom yang digunakan untuk mencatat trading saya bisa anda lihat dibawah ini:

  1. Hari & Tanggal: Kapan anda masuk kedalam market
  2. Gambar Buka Posisi: Link ke gambar yang sudah saya ambil dari software trading
  3. Keterangan. Ada 2 jenis keterangan, yang pertama adalah keterangan kenapa masuk market dan yang kedua adalah catatan trading penting yang harus diingat pada trading selanjutnya
  4. Alasan Masuk Market: biasanya saya sisipkan dengan Jam kapan saya buka posisi dan cerita kenapa saya masuk kedalam market
  5. Update Posisi: cerita lanjutan dari posisi trading yang sedang aktif
  6. Gambar Close: link gambar yang saya ambil ketika posisi diclose
Ini contoh spreadsheet catatan trading saya di GoogleDocs: (klik pada gambar untuk memperbesar)

Buatlah Catatan Tradingmu Karna Itu Hal Penting
Ini adalah contoh catatan trading saya menggunakan GoogleDocs

dan ini contoh gambar screenshot dari software tradingnya: (klik pada gambar untuk memperbesar)

Buatlah Catatan Tradingmu Karna Itu Hal Penting
Ini adalah gambar SS yang simpan agar paham dengan keadaan market

dari catatan tersebut perhatikan bahwa saya mencatat semua catatan penting yang merupakan hasil kesimpulan dari setiap trading, jika catatan penting tersebut tidak selalu benar maka saya mencoret catatan penting tersebut. Jadi saya bisa menyimpan catatan penting apa saja yang resikonya lebih kecil/kemungkinan menangnya lebih besar.

Warna juga digunakan dalam catatan ini, kalau warna MERAH berarti trading tersebut loss dan warna BIRU menunjukan ketika posisi tersebut profit/untung.

Ketika account saya kalah besar/margin call, saya membaca ulang/review dari catatan saya KENAPA hal tersebut bisa terjadi dan dengan memakai diary trading kita dapat melihat alasan-alasannya dengan lebih jelas dibandingkan tanpa mempunyai catatan. Misalnya kesalahan dari trading-trading saya adalah suka memakai leverage tinggi, ketika menang suka melipat gandakan jumlah posisi trading, tidak disiplin dan suka menambah posisi ketika sedang kalah, intinya adalah JANGAN MENGULANGI kesalahan-kesalahan tersebut karena kita harus belajar dari pengalaman yang sudah terjadi. Jika anda tetap mengulangi kesalahan yang sama walaupun catatan tersebut sudah jelas maka anda sudah tahu jawabannya bukan? anda tidak akan pernah profit secara konsisten !!.

Akhir kata, apakah anda ingin profit secara konsisten? apakah anda mengalami keragu raguan dalam trading atau tidak percaya diri dengan strategi anda ? sekarang saya sebagai trader ingin memberikan nasihat bahwa jika anda ingin berubah menjadi lebih baik, lebih disiplin, lebih mengontrol emosi dan ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan anda kalah sebaiknya anda mulai mencatat log trading anda mulai dari hari ini, lebih baik terlambat daripada tidak dimulai sama sekali.

Sampai detik inipun saya masih mencatat semua trading saya dan saya melihat perjalanan mempelajari market forex ini harus dijalani dengan lebih hati-hati. --traxder.blogspot.com :

Tanya :

4 komentar:

  1. thread yang sangat detail dan berguna sebagai panduan kita ingin melakukan evaluasi dengan memanfaatkan jurnal trading, dengan berusaha melakukan evaluasi pada weekend di OctaFx maka diharapkan kesalahan yang ada bisa kita perbaiki

    BalasHapus
  2. Bahan evaluasi terbaik adalah rekam jejak kita dari pertama memulai bisnis forex hingga saat ini. Forex Spot

    BalasHapus
  3. pelajaran yang bagus untuk bisa membuat catatan trading kareana kita kerap kali memdengar kata ini dan juga mengenai evaluasi trading dengan contoh di atas diharapkan nahwa dalam trading di octafx bisa melakukan evaluasi lebih baik lagi

    BalasHapus
  4. Pengguna sering mencari cara yang terbukti untuk menukarkan Bitcoin mereka dan menarik dana. Mari perhatikan keunggulan menjual Bitcoin dengan Unichange.me.

    Bersama kami Anda mendapatkan:

    - transaksi aman dan aman, karena semua pesanan diproses di situs web dengan koneksi SSL saja;
    - layanan semi otomatis yang berarti bahwa semua pesanan dan transaksi yang ditempatkan di layanan kami diperiksa ulang dengan hal-hal yang berkualitas
    - dan yang paling penting: berbagai cara untuk menarik Bitcoin di antaranya adalah transfer Bank USD/EUR, Perfect Money USD/EUR, Paypal USD/EUR, FasaPay USD/IDR, Alipay CNY, dan China UnionPay CNY.

    Unichange.me mengusulkan Anda untuk memilih cara penarikan dana Bitcoin yang paling sesuai, semuanya aman dan memiliki kelebihannya sendiri.

    Serahkan usaha pada link Unichange.me disini! dan Anda akan terkejut betapa mudah, cepat dan aman transaksi dapat.

    BalasHapus

 

© Copyright Alam Perwira | Born to Glory Template Created By : Alam Perwira and original template by Denzdii | Powered By : Blogger